Cara Merawat Pencernaan Pada Ayam

Home / aidenium / Cara Merawat Pencernaan Pada Ayam

Cara Merawat Pencernaan Pada Ayam

Kecukupan gizi pada ayam pengaruh besar pada produktivitas dan hal itu berkaitan erat dengan fungsi kerja saluran pencernaan. Fungsi pencernaan secara optimal akan dapat memaksimalkan nilai pemanfaatan jatah melalui proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Kebijakan pemerintah yang melarang penggunaan antibiotik Pertumbuhan Promotor (AGP) atau promotor pertumbuhan antibiotik dalam pakan tidak mendapatkan tanggapan dari petani. Beberapa petani melaporkan tidak ada perubahan dalam produksi setelah kebijakan tersebut diberlakukan.

Namun tidak sedikit dari mereka yang melaporkan bahwa sejak diberlakukannya AGP larangan membuat kinerja ayam pedaging (broiler) menurun. Mengingat kebijakan ini juga menyebabkan banding untuk mengurangi penggunaan antibiotik untuk tujuan pencegahan untuk hewan ternak, termasuk ayam. Antibiotik hanya harus melayani untuk melemahkan atau membunuh mikroorganisme patogen sementara di saluran pencernaan dan tidak diserap, sehingga tidak ada residu dalam produk atau jaringan.

Beberapa produsen pakan dan obat-obatan telah melakukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan alternatif yang aman digunakan sebagai pengganti antibiotik atau AGP dan digunakan untuk program pencegahan. Beberapa alternatif AGP seperti probiotik, prebiotik, asam organik, minyak esensial (minyak esensial), fitobiotik (herbal) dan berbagai jenis enzim.

Ayam Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan ayam dimulai pada paruh dan berakhir di kloaka. Organ sampul bagian dari sistem pencernaan, kerongkongan, cache (tanaman), proventriculus, gizzard (rempela), usus kecil, usus buntu, usus besar dan kloaka. organ vital lainnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan berfungsi hati dan pankreas.

Masing-masing dari organ-organ ini secara alami dihuni oleh mikroflora yang terdiri dari bakteri, protozoa dan jamur. Namun bagian yang paling dihuni oleh beberapa jenis bakteri seperti saluran usus.

Burung yang sehat pada umumnya memiliki karakteristik saluran usus berfungsi dengan baik. Hal ini juga merupakan dasar untuk meningkatkan efisiensi ransum untuk kebutuhan dasar dan produksi. Karakteristik yang paling penting dari fungsi usus benar adalah keseimbangan populasi bakteri di dalamnya. Keseimbangan ini berkaitan erat dengan saluran usus bila ternak diperlakukan dalam kondisi stres seperti infeksi bakteri, suhu lingkungan yang tinggi, omset ransum dan transportasi (Jin et al, 1997).

Sistem bekerja di saluran pencernaan dalam ransum unggas yang dikonsumsi terurai menjadi komponen dasar yang paling (komponen dasar) yang mekanis dan kimiawi. Komponen dasar yang paling (komponen dasar) dari jatah selanjutnya diserap (absorpsi) oleh vili dinding usus.

Beberapa kriteria untuk saluran pencernaan yang sehat unggas adalah villi usus panjang dan integritas saluran pencernaan. Usus vili menyerupai jari di semua bagian dari usus yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan (nutrisi) yang memanjang dari pangkal usus menuju lumen (rongga) usus di mana makanan akan dicerna dan diserap di sana. Jadi pada prinsipnya, vili yang semakin panjang dan / atau lebar akan menambah luas penyerapan nutrisi di usus sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.

Faktor yang Mempengaruhi Chicken Sistem Pencernaan

gangguan sistem imun primer dalam kerusakan jaringan mukosa usus pencernaan akan menyebabkan pencernaan dan penyerapan nutrisi tidak optimal. Hasilnya adalah kekurangan gizi yang terganggu pembentukan antibodi.

Caeca mukosa usus dan amandel adalah bagian dari sistem imun lokal di saluran pencernaan. Hal ini mengakibatkan kerusakan kedua organ adalah ayam lebih rentan terinfeksi penyakit lainnya. Sepanjang jaringan mukosa usus memproduksi antib jaringan limfoid. Nah itulah artikel merawat pencernaan pada ayam.